magdalen’s blog

Sel

Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung dalam sel. Makhluk hidup terdiri dari satu sel tunggal (uniselular, misalnya bakteri, sejumlah fungi, dan protozoa) atau terdiri dari banyak sel (multiselular).

Sejarah penemuan sel pada awalnya digambarkan pada tahun 1665 oleh seorang ilmuwan Inggris Robert Hooke yang meneliti irisan tipis gabus melalui mikroskop yang dirancangnya sendiri. Kata sel dari bahasa latin cellulae yang berarti “kamar-kamar kecil”. Johanes Purkinje memakai istilah bahwa sel terdiri dari kesatuan zat yaitu protoplasma yang terbagi menjadi dua bagian ( sitoplasma dan nukleoplasma). Anton Van Leeuwenhock melakukan banyak pengamatan pada benda dan jasad-jasd renik dan menunjukan pertam kali adanya kehidupan. Karyanya menjadi dasar cabang biologi yaitu mikrobiologi.

Perkembangan mikroskop hampir 200 tahun kemudian untuk meneliti susunan makhluk hidup. Matthias Schleiden (1804-1881) dan Theodor Schwan (1810-1882), mereka menyimpulkan bahwa setiap makhluk hidup tersusun atas sel. Pada tahun 1885 Rudolf Virchow mengamati sel dapat membelah diri dan membentuk sel-sel baru. Adapun bagian-bagian yang tersusun dalam sel selengkapnya dengan klik sel.baca selengkapnya

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: